Cara Menghitung Masa Subur Wanita Supaya Cepat Hamil

http://tipshamil.com/?ref=solusi-hamil

Bagaimana cara menghitung masa subur supaya cepat hamil ? Banyak wanita langsung mengandung setelah beberapa bulan pernikahan. Namun, ada pula yang harus melalui penantian bertahun-tahun untuk mendapatkan bayi. 

Dengan menerapkan solusi berikut, kemungkinan untuk hamil bisa lebih besar dan lebih cepat. Inilah cara menghitung masa subur supaya cepat hamil.

Setiap bulan, kesempatan bagi sperma untuk membuahi telur sangatlah terbatas. Setelah telur terlepas dari ovarium dan memulai perjalanannya melewati tuba falopi menuju rahim (disebut ovulasi), ia akan hidup hanya sekitar 24 jam. Jika tidak dibuahi oleh sperma, peluang kehamilan hilang sampai bulan depan, ketika prosesnya berulang. Maka, cara menghitung masa subur supaya cepat hamil sangat penting jika Anda ingin hamil.

Walaupun telur hanya hidup 24 jam, namun Anda memiliki kesempatan lebih lama. Sperma dapat hidup dalam saluran reproduksi wanita selama sekitar 72 jam. Berarti jika terjadi penetrasi pada hari ke-11 dari siklus Anda dan ovulasi terjadi pada hari ke-14, sperma masih memiliki kesempatan untuk membuahi telur itu.

Melacak Ovulasi

Lacaklah jadwal menstruasi untuk mengetahui masa ovulasi. Pelacakan terbaik adalah membidik hari-hari paling subur. Maka, tempatkan termometer dan kalender di samping tempat tidur. Sejak hari pertama periode bersih, ukurlah suhu tubuh setiap pagi. Suhu tubuh saat bangun tidur ini disebut suhu basal tubuh (basal body temperature/ BBT). Catat hasilnya di kalender. Tuliskan juga hari-hari haid Anda. Lakukan hal itu setiap hari sepanjang bulan. Sekitar 14 hari setelah hari pertama menstruasi, Anda mungkin berovulasi. Tak lama setelahnya, BBT Anda naik setengah sampai satu derajat dan terus meningkat sampai akhir siklus tersebut.

Selama bulan pertama pelacakan, sulit mengidentifikasi hari-hari tersubur, karena kenaikan suhu terjadi setelah ovulasi. Sudah terlambat bagi sperma untuk membuahi telur.  Pasalnya, setelah ovulasi, pintu masuk ke leher rahim menyempit, sehingga sperma sulitmasuk. Namun, setelah Anda memetakan informasi selama satu bulan, pola suhu tubuh dapat terlihat. Penetrasi harus terjadi satu atau dua hari sebelum kenaikan suhu.

Metode cara menghitung masa subur supaya cepat hamil lainnya, yakni dengan mencatat jadwal menstruasi:

  • HARI 1-5. Memulai siklus di hari pertama menstruasi. Penting untuk mencatat tanggal itu untuk menghitung tanggal perkiraan ovulasi Anda.
  • HARI 6-11. Anda tidak menstruasi, tetapi tidak subur. Tubuh pada tahap ini sedang mempersiapkan pelepasan telur.
  • HARI 12-18. Inilah hari-hari paling subur Anda. Tubuh melepas telur pada salah satu dari ketujuh hari tersebut. Ini adalah waktu terbaik untuk berhubungan seks. Karena masa hidup maksimal sperma adalah 5 hari dan sel telur 1 hari, masa subur adalah 5 hari sebelum dan 1 hari sesudah ovulasi.
  • HARI 19-32. Jika Anda baru melakukan hubungan seks selama periode ini, peluang kehamilan nyaris nol.

Frekuensi Penetrasi

Lakukan hubungan seks setiap dua hari sekali dalam masa subur. Hubungan seksual setiap dua hari sekali lebih dianjurkan daripada hubungan setiap hari karena ejakulasi terlalu sering dapat menurunkan jumlah sperma. Satu kali ejakulasi dari seorang pria subur melepaskan lebih dari 20 juta sperma. Jumlah tersebut lebih dari cukup untuk melakukan pekerjaannya sampai kelompok berikutnya tiba 48 jam kemudian.

Efektivitas cara menghitung masa subur supaya cepat hamil, sangat bergantung pada keteraturan siklus haid. Namun yang pasti, kemungkinan hamil dengan berhubungan seks di masa ovulasi adalah 15-25%. Setelah tiga bulan mempraktikkannya, 50% wanita mendapatkan kehamilan.

http://tipshamil.com/?ref=solusi-hamil